Info Kejadian Makassar

Wahyu Nurul Fitri, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh, Lulus Tanpa Skripsi

INKAM, MAKASSAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar, mencatatkan pencapaian gemilang, dengan kelulusan Wahyu Nurul Fitri,dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Nurul berhasil memenuhi syarat kelulusan,  dengan mempublikasikan artikel ilmiah yang terindeks Sinta 2, sebagai pengganti skripsi.

Diseminasi hasil penelitian Nurul, dipresentasikan di depan dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Senin, 3 Juni 2024 di Mini Hall FKIP Unismuh.

Artikel ilmiah Nurul, berjudul “Excavating Intercultural Communication at Tourism Facilities Intentions to Visitor Satisfaction” diterima oleh Jurnal Ettisal: Journal of Communication.

Proses ini dimulai dengan bimbingan intensif dari pembimbing 1, Dr. Ummi Khaerati Syam, S.Pd., M.Pd., dan pembimbing 2, Ismail Sangkala, S.Pd., M.Pd.

Selain itu, Assoc. Prof. Nargiza Sulaymanova sebagai co-author dan dosen mitra dari Samarkand Institute of Oriental Studies, Uzbekistan.

Ia turut membantu dalam penyempurnaan artikel ilmiah Nurul. Kontribusi ilmiah dari co-author asing ini, memberikan sentuhan akademik khas Central Asia dan Eropa.

Nurul menjalani proses penulisan artikel dengan menentukan topik, melakukan bimbingan, mengumpulkan data, hingga penulisan sesuai template jurnal.

Artikel dikirimkan untuk ditinjau dan melalui berbagai revisi, sebelum akhirnya diterima untuk publikasi.

Tantangan dalam proses ini tidak menghentikan semangat Nurul, yang terus berjuang dengan bimbingan dari dosen, dan dukungan dari keluarga serta teman-teman.

Dr Ummi Khaerati Syam, yang juga merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Makassar, mengatakan bahwa proses ini mengajarkan Wahyu kesabaran dan ketekunan.

Baca Juga  Rektor UIN Alauddin Makassar Kukuhkan Tiga Guru Besar

“Proses penelitian ini memberi ruang ekspresi kepada mahasiswa, yang tidak memilih jalur skripsi sebagai tugas akhir, tetapi memilih moda publikasi artikel pada jurnal bereputasi. Hal ini akan membuat mahasiswa untuk tertantang,  dalam belajar hal-hal baru dengan tekun dan sabar,” ungkapnya

Pesan Nurul kepada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. tetap semangat untuk menyelesaikan apa yang telah kita mulai, jangan pernah merasa takut, apalagi di dunia perkuliahan.

“Memang ada  banyak tahapan akan yang kita  hadapi, khususnya kita sebagai mahasiswa semester akhir. Tapi anggap saja ini sebagai tantangan, yang pastinya akan terlewati, dan kita  akan mendapatkan hasil yang maksimal setelah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I FKIP Unismuh Dr Baharullah mengungkapkan bahwa mahasiswa yang memilih jalur publikasi ilmiah akan memberi kontribusi yang baik bagi dosen dan mahasiswa, sebab dari segi poin kredit dosen akan menunjang pengembangan profesinya, dan bagi mahasiswa bisa menjadi syarat untuk memperoleh gelar sarjana.

Ia menyampaikan apresiasinya, terhadap kegiatan desiminasi hasil penelitian mahasiswa. Ia menegaskan bahwa desiminasi ini setara dengan skripsi dan mendorong prodi lain untuk mengikuti langkah ini.

Baharullah menjelaskan, bahwa mahasiswa yang telah menyelesaikan P2K, dapat melakukan penelitian, dan mempublikasikan hasilnya dalam jurnal terakreditasi, minimal Sinta 4. Hal ini memungkinkan mahasiswa lulus lebih cepat tanpa harus melalui ujian skripsi.

Baca Juga  Revolusi Industri Hulu Migas Indonesia, Indosat Business Kenalkan Solusi Teknologi Berbasis AI

Ia berharap, kegiatan ini dapat berlanjut dan memotivasi mahasiswa untuk berkarya. Baharullah juga menekankan, pentingnya peran dosen pembimbing dalam proses publikasi artikel ilmiah.

WEDDING PACKAGE 500 pax opsi 2
IMG-20240521-WA0010
Market Sessions

Berita Terbaru