Telkomsel Sosialisasi Bantuan Kuota Gratis dari Pemerintah, untuk Pembelajaran Jarak Jauh

INKAM, MAKASSAR – Dalam mendukung program bantuan kuota gratis dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) yang akan berlangsung periode September-November 2021, Telkomsel Regional Sulawesi melakukan sosialisasi secara virtual kepada ratusan tenaga pendidik di seluruh sekolah se-Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dukungan akan kegiatan ini, datang dari Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST, dan Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof. DR. Muh. Jufri., M.Si., M.Psi. Psikolog yang turut hadir membuka acara sosialiasi ini.

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka, Agustiyono mengatakan, Telkomsel terus berkomitmen mendukung pemerintah, terutama di dunia pendidikan, salah satunya dengan menyukseskan bantuan kuota gratis untuk mendukung pembelajaran jarak jauh .

Di Sulsel, Telkomsel telah hadir menjangkau 98% Ibukota Kecamatan, di berbagai kabupaten/kota, sehingga memudahkan dalam mengakses layanan, didukung jaringan broadband berteknologi terdepan, sehingga memberikan kenyamanan pengalaman belajar mengajar jarak jauh secara daring.

Distribusi bantuan akan dilakukan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021. Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Keseluruhan bantuan kuota internet pada tahap ini adalah kuota umum, yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI demi pemanfaatan kuota data yang lebih maksimal untuk keperluan belajar mengajar.

Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, ST mengatakan Telkomsel menjadi bagian dari solusi sistem pendidikan, dalam menjawab masa pembelajaran jarak jauh, dengan pemanfaatan jaringannya yang telah tersebar di Sulsel. Dengan dukungan yang ada, berbagai aktivitas digital dalam bidang pendidikan di masa pandemi, akan dapat memudahkan dalam proses belajar mengajar secara virtual, dan memberikan banyak peluang dalam menyukseskan program lainnya.

READ  Memaknai HUT Ke-25 Telkomsel di Tengah Masa Pandemi

Dukungan juga dari dari Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Prof. DR. Muh. Jufri., M.Si., M.Psi. Psikolog yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas perhatian Telkomsel kepada dunia pendidikan di Sulsel. Telkomsel terus hadir dalam menyalurkan bantuan kuota gratis dari pemerintah, sehingga dapat mengurangi beban anak didik dalam pembelajaran secara daring, sehingga hasil pembelajaran lebih baik lagi.

Untuk memperlancar penyaluran bantuan kuota, Telkomsel mengimbau para penerima manfaat, agar memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif. Jika terdapat perubahan nomor ponsel, penerima manfaat dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan, terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Bagi penerima manfaat yang belum terdaftar, atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini, juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang, melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbudristek RI. Petunjuk teknis penyaluran bantuan dapat diakses di https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Telkomsel akan memastikan seluruh penerima manfaat di dalam basis pengguna perusahaan, sesuai dengan data yang telah terverifikasi di sistem Kemendikbudristek RI. Telkomsel senantiasa mengajak masyarakat yang telah terverifikasi secara resmi, untuk memanfaatkan Bantuan Paket Kuota Internet periode September-November 2021 ini dengan optimal dan bijak, sesuai kebutuhan demi kelancaran dan kenyamanan dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh secara daring.

Untuk pelanggan Telkomsel, dapat melakukan pengecekan status pendaftaran nomor ponselnya dalam program bantuan paket Kuota Data Internet periode September-November 2021 dari Kemendikbudristek RI, melalui UMB 363844# (jika data penerima manfaat sudah diterima Telkomsel), dan untuk mengetahui jumlah kuota data yang sudah masuk dan yang sudah digunakan, dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

READ  Banyak Promo Beli Mobil Bekas di Bursa Otomotif Gowa

Dalam keseluruhan periode program Bantuan Kuota Internet, dari seluruh penyedia layanan telekomunikasi bergerak seluler telah menggunakan tarif yang diatur melalui kebijakan yang telah ditetapkan Kemendikbudristek RI berdasarkan hasil koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI). Telkomsel juga terus berkomunikasi dan berkoordinasi secara aktif dengan Kemendikbudristek RI guna memastikan kelancaran penyaluran Bantuan Kuota Internet periode September-November 2021 di tiap bulannya.

Ditambahkan Agustiyono, untuk menghadirkan kemudahan bagi para pelajar, mahasiswa, dan tenaga pengajar yang belum menggunakan produk Telkomsel dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh, Telkomsel juga mendistribusikan Perdana Internet Merdeka Belajar ke sejumlah sekolah dan kampus, yang melakukan kerjasama dengan Telkomsel.

Pada Perdana Internet Merdeka Belajar tersedia kuota internet hingga 52GB. dengan rincian sebagai berikut: Kuota 11GB (1GB kuota utama + 10GB kuota belajar) otomatis aktif di kartu perdana, Ekstra 11GB (1GB kuota utama + 10GB kuota belajar) seharga Rp5.000 yang dapat diaktifkan lewat UMB 363844#, aplikasi MyTelkomsel, atau aktivasi melalui outlet, Ekstra 30GB kuota belajar senilai Rp10 yang dapat diaktifkan jika nomor perdana Telkomsel didaftarkan dan aktif di sistem Dapodik melalui sekolah/kampus (setelah mendapatkan kuota dari Kemendikbudristek RI). Paket kuota ini dapat diaktifkan lewat aplikasi MyTelkomsel.

Sedangkan untuk pelajar dan tenaga pengajar yang sudah menggunakan produk Telkomsel dan aktif terdaftar di sistem Dapodik, juga bisa mendapatkan kuota internet sebesar 11GB senilai Rp5.000, yang terdiri dari 1GB kuota utama dan 10GB kuota belajar, dan dapat diaktifkan melalui 363844# dan aplikasi MyTelkomsel. Selain itu, Telkomsel telah menyiapkan manfaat tambahan lainnya bagi pelanggan yang terdaftar dan aktif di sistem Dapodik.

READ  Telkomsel Berikan Bantuan ke 5.700 Penjaga BTS di Seluruh Indonesia

Telkomsel juga merilis paket Bulanan Kuota Belajar mulai Rp30.000, dengan kuota data hingga 30GB yang dilengkapi fitur JAGA PULSA, dimana pulsa pelanggan tidak akan terpotong ketika melakukan akses di luar aplikasi yang sudah ditentukan. Hal ini guna meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan jaringan Telkomsel dalam kegiatan belajar jarak jauh.

Comments

comments

Check Also

Hari Pelanggan Nasional, XL Axiata Berikan Kado Spesial #darirumah

 INKAM, MAKASSAR – Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengusung …