Cegah Penyebaran Virus Corona, 10 Mesin Cuci Tangan Otomatis Tersalurkan di Makassar

INKAM, MAKASSAR – Untuk mencegah penyebaran covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan bersama Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKBA, serta Balla Cerdas, menghadirkan mesin pencuci tangan otomatis hasil kreasi anak bangsa, sebagai salah satu ikhtiar memutus rantai sebaran virus.⁣

Sebanyak 10 titik yang menjadi lokasi implementasi, diantaranya; Puskesmas Mangasa, RSUD Haji, RS. Bhayangkara, RSUD Labuang Baji, RS TK II Pelamonia, LLDIKTI Wilayah Sulawesi, RS. Islam Faisal, Rindam XIV Hasanuddin, RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo dan RSUD Makassar.⁣⁣⁣

Dokter Wisnu Jatmiko selaku Ketua IEEE Indonesia Section mengatakan, bantuan mesin pencuci tangan otomatis ini difokuskan untuk wilayah Indonesia Timur, salah satunya Makassar. Salah satu alasannya karena di Indonesia Timur terdapat zona merah sebaran Covid-19, termasuk Makassar.

“Dengan adanya mesin ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Dengan demikian akan meminimalisir bahkan memutus sebaran virus,” jelasnya.

Sementara itu Muhammad Rizal, Chief of Technology Officer (CTO) Balla Cerdas yang juga berperan sebagai Ketua Tim Proyek Mesin Pencuci Tangan Otomatis, menyampaikan beberapa kelebihan alat kreasianya itu di sela pendistribusian bantuan.

“Setelah berkoordinasi dengan IEEE Indonesia Section, kami merancang alat Automatic Handwash Portable Machine ini. Mencuci tangan tidak perlu lagi menyentuh apa pun. Dengan sensor, cukup mendekatkan tangan pada keran, maka secara otomatis air dan sabun akan keluar. Sehingga bisa meminimalisir risiko sentuhan langsung dengan alat yang berpotensi menjadi perantara sebaran virus,” jelasnya.

Comments

comments

READ  Kesan Fatmawati ke Gurutta KH Sanusi Baco: Ulama dan Orang Tua yang Selalu Menyejukkan

Check Also

Astaga, Mayat Bayi Ditemukan di Gerbang Masjid Perumahan Telkomas

INKAM, MAKASSAR – Kasih orang tua sepanjang masa kepada anaknya. Kata tersebut menggambarkan bagaimana besarnya …