Info Kejadian Makassar

S2 Kedokteran Gigi dan PPDGS Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial Unhas, Jalani Visitasi Akreditasi ASIIN

INKAM, MAKASSAR –  Program Studi S2 Kedokteran Gigi dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial  Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalani proses visitasi, dari lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Proses ini, merupakan bagian dari upaya Unhas,  untuk mendapatkan pengakuan internasional,  atas kualitas pendidikannya.

Kegiatan visitasi ini, dibuka secara resmi di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, pada Rabu (5/6/2024).

Acara pembukaan dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.; Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas, anggota Senat Akademik, para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga dan jajarannya, para Direktur dan jajarannya, serta para Dekan di lingkungan Unhas.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan pentingnya proses akreditasi ini, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Unhas, dan memperkuat relevansinya dengan pasar kerja global.

“Proses akreditasi ini sangat penting bagi kita semua. Ini bukan hanya tentang pengakuan internasional, tetapi juga tentang bagaimana kita, dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan yang kita tawarkan,” jelas Prof.JJ.

Lebih lanjut, Prof. JJ menekankan, akreditasi internasional seperti ASIIN, akan memberikan jaminan, bahwa kurikulum yang diajarkan di Unhas sesuai dengan standar global.

Memastikan bahwa program studi tidak hanya relevan secara nasional, tetapi juga diakui secara internasional. Sehingga akan membuka peluang lebih besar bagi lulusan, untuk dapat bersaing di pasar kerja global,

Baca Juga  Legislator Andi Hadi Ibrahim Baso Meminta, Jangan Eksploitasi Anak

Proses akreditasi ini, lanjut Rektor Unhas,  menjadi upaya berkelanjutan, untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan, memperbaiki diri, selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan bersama para asesor, mengenai program.

Diskusi ini mencakup berbagai isu, seperti tujuan pendidikan, kurikulum, metode pengajaran, bimbingan dan dukungan bagi mahasiswa, organisasi ujian, hasil studi, serta relevansi program dengan pasar kerja.

Para asesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi ini antara lain: Prof. Dr. Maria Cristina Manzanares Céspedes dari Universitat de Barcelona, Dr. med. dent. Thomas Koch dari MedUni Graz, DDS, M.Biotech., Dr. Heribertus Dedy Kusuma Yulianto dari Universitas Gadjah Mada, Windy Sepry Marcelina Sihombing, mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada dan Dr. Emeline Jerez dari Kantor ASIIN

Pembukaan asesmen ASIIN berlangsung hingga pukul 14.30 WITA, dan dilanjutkan dengan proses asesmen di masing-masing program studi yang diakreditasi.

Proses asesmen ini dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (6/6/2024).

Dengan adanya akreditasi ASIIN ini, diharapkan Program Studi S2 Kedokteran Gigi dan PPDGS Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial Unhas,  dapat semakin meningkatkan mutu pendidikannya, dan memberikan kontribusi yang lebih besar, dalam bidang kesehatan di Indonesia maupun internasional.

WEDDING PACKAGE 500 pax opsi 2
IMG-20240521-WA0010
Market Sessions

Berita Terbaru