Di Gernas BBI – BWI, Menpar Sandiaga Uno Harap BI Jadi Lokomotif Pemberdayaan UMKM

INKAM, MAKASSAR – Semangat UMKM go export menjadi daya dukung perekonomian Indonesia di tengah pemulihan pasca pandemi. Oleh karena itu diperlukan beberapa afirmasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong UMKM go export.

Demikian yang mengemuka dalam Upacara Pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia – Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI – BWI) Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Kamis (24/2/2022).

Pembukaan Gernas BBI-BWI Sulawesi Selatan dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR Amir Uskara, Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Abdullah Azwar Anas, yang dilakukan secara hybrid.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno pada kesempatan yang itu mengapresiasi kualitas UMKM binaan Bank Indonesia, dan berharap senantiasa menjadi lokomotif pemberdayaan UMKM. Semangat BBI perlu didukung dengan kebanggaan membeli produk UMKM. 

Sandiaga mengaku, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI), apalagi mengusng tema “Semangat PINISI yaitu perkuat inisiasi nyata melalui inovasi dan sinergi, untuk pemulihan ekonomi: Recover Together, Recover Stronger”.

“Kita harapkan kedepan, BI terus menjadi penggerak lokomotif, kita memberdayakan UMKM dengan semangat Recover Together, Recover Stronger,” ujar Sandiaga.

Diungkapkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, produk ekonomi kreatif di Indonesia, tidak kalah dengan luar negeri. Oleh karena itu, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bangga menggunakan produk Indonesia.

“Pak Bupati, Pak Walikota, saya sudah beli kain tenun yang saya pakai ini. Jadi kita jangan hanya Rohali (Rombongan Hanya Lihat lihat), atau Rihana (Rombongan Hanya Nanya nanya). Kita harus menjadi Rojali (Rombongan Jadi Belanja dan Beli),” ungkap Sandiaga.

Comments

comments

READ  Apresiasi Pelanggan Setia, Pertamina Selenggarakan Customer Loyalty Program di Sulawesi

Check Also

Malltronik Lakukan Ekspansi Bisnis, Buka Toko Murah

INKAM, MAKASSAR – Seiring dengan semakin melandainya kasus Covid-19, beberapa perusahaan ritel di Kota Makassar …