Gojek dan Telkom-ITDRI Luncurkan Muda Maju Bersama

INKAM, BALIKPAPAN – Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek memperkenalkan Muda Maju Bersama. Ini merupakan sebuah inisiatif dalam memberdayakan anak muda di kawasan timur Indonesia, melalui pemanfaatan teknologi yang memberikan dampak sosial positif terhadap masyarakat.

Salah satu inisiatif Muda Maju Bersama, dengan menggandeng Telkom Indonesia, melalui Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI), pada sebuah program akselerasi yang bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan startup di Indonesia Timur, sehingga mampu bertumbuh secara pesat, dan menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas.

Sesuai dengan aspirasi Indonesia Maju yang dicanangkan Presiden RI, kita perlu menyiapkan setidaknya 600 ribu digital talent setiap tahunnya, agar dalam jangka waktu 15 tahun kedepan, tersedia setidaknya 9 juta digital talent, yang akan mengembangkan ekonomi digital di Indonesia.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, melalui video conference menyampaikan, generasi mudadi kawasan Indonesia Timur, memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi inovator-inovator baru. Hanya saja saat ini, aksesnya masih terbatas diakomodir oleh Pemerintah.

Kolaborasi antara Gojek dan Telkom-ITDRI ini menunjukkan, bukti nyata kepedulian industri terhadap program pemerintah dalam pemberdayaan anak muda, yang nantinya akan melahirkan banyak inovasi demi kepentingan publik.

“Semoga program ini bisa menjangkau lebih luas ke seluruh anak muda khususnya di kawasan Indonesia timur, sehingga semakin banyak anak muda yang mendapatkan akses yang selama ini dirasakan masih kurang,” tutup Rizal.

Program Muda Maju Bersama diresmikan pada hari ini melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gojek dan Telkom, yang dilakukan oleh VP Strategic Regional Gojek Indonesia Timur, Anandita Danaatmadja, bersama SGM Telkom Corporate University yang juga menjadi Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido, dengan wilayah program yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

READ  Ramadan Kedua di Tengah Pandemi, IM3 Ooredoo Ajak #SilaturahmiTanpaHenti

Anandita Danaatmadja selaku VP Strategic Regional Gojek Indonesia Timur mengatakan, Gojek melihat pemanfaatan teknologi sebagai cara yang paling cepat untuk membawa dampak positif bagi masyarakat luas.

“Teknologi tidak hanya menawarkan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat, tetapi juga membuka akses bagi masyarakat untuk bisa berperan aktif berkontribusi dan menikmati manfaat ekonomi digital. Dari pengalaman kami di Gojek, kami menyadari pentingnya proses pembelajaran yang berkelanjutan untuk perusahaan startup untuk bisa tidak hanya bertahan tapi juga terus berkembang,” ungkapnya.

Melalui program Muda Maju Bersama yang berkolaborasi dengan Telkom-ITDRI, akan banyak tercipta inovasi solusi nyata bagi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat.

Sementara, Jemy V. Confido selaku SGM Telkom Corporate University yang juga menjadi Chairman of ITDRI mengaku, Telkom diberikan misi besar oleh Kementerian BUMN, yakni untuk membantu menurunkan gap digital talent Indonesia, mendorong kemandirian teknologi Indonesia dan meningkatkan global innovativeness index Indonesia.

Untuk itulah Telkom membentuk ITDRI yang dikoordinir oleh divisi yang memang tugasnya mengembangkan keahlian seluruh karyawan Telkom Group, yakni Telkom Corporate University Center.

“Pengembangan startup adalah cara paling jitu untuk menggapai ketiga misi tersebut sekaligus. Startup adalah wadah berinovasi dalam bentuk adopsi dan pengembangan teknologi, yang melalui perjuangan membisniskan inovasi tersebut maka para talentanya berkembang secara signifikan,” tuturnya.

Comments

comments

Check Also

Hari Pelanggan Nasional, XL Axiata Berikan Kado Spesial #darirumah

 INKAM, MAKASSAR – Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengusung …