Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

INKAM, MAKASSAR – Kementerian Agama RI menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang dihadiri MUI hingga Komisi VIII DPR.

Sidang isbat digelar di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020). Sidang digelar secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait Corona (COVID-19). Para tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara online.

“Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020,” kata Menag Fachrul Razi.

Sebelum sidang Isbat berlangsung, sebanyak 80 titik lokasi Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia, terlebih dahulu melaksanakan rukyatul hilal di daerahnya masing-masing. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Selatan yang lokasi pemantauannya dipusatkan di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar.

Dalam Keterangannya, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar menyampaikan, kegiatan itu tetap dilakukan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan, lantaran masih adanya pandemi Covid-19. Termasuk pembatasan jumlah peserta yang ikut.

Untuk situasi Hilal di Kota Makassar Sulsel, hasil pemantauan Tim BHR di Mall GTC menemukan Posisi Hilal di Makassar masih berada dibawah ufuk, tepatnya 4 derajat dibawah ufuk, Pihak BMKG memperkirakan besok (Sabtu, 23 Mei 2020) Posisi Hilal baru bisa naik ke posisi diatas 6 derajat.

Sehingga, menurut kakanwil Kemenag Sulsel, hasil pemantauan di Makassar Sulsel ini dikirim ke Kemenag Pusat.

Comments

comments

READ  Sambut Idul Adha, Mercure Makassar Nexa Pettarani Ikut Berqurban

Check Also

Astaga, Mayat Bayi Ditemukan di Gerbang Masjid Perumahan Telkomas

INKAM, MAKASSAR – Kasih orang tua sepanjang masa kepada anaknya. Kata tersebut menggambarkan bagaimana besarnya …