Info Kejadian Makassar

OJK Ungkap Kerugian Masyarakat Akibat Investasi Ilegal Rp139 Triliun, di Workshop Jurnalis yang Dilaksanakan KJS

INKAM, MAKASSAR – Analis Deputi Direktur Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Meilthon Purba mengungkapkan, sepanjang 2017 – 2023 masyarakat mengalami kerugian sebanyak Rp139 triliun, akibat investasi ilegal.

“Kerugian masyarakat itu, karena masih banyak yang mudah terpengaruh iming-iming dengan bunga tinggi,” kata Meilthon pada Workshop dan Apresiasi Jurnalis, yang digelar Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) di Aerotelsmile, Minggu (26/5/2024).

Dia mengatakan, kondisi itu yang kadang menjebak masyarakat, sehingga ikut melakukan investasi ilegal.

Karena itu, lanjut dia, masyarakat agar tidak terjebak dalam investasi ilegal, maka harus memperhatikan 3T yakni pertama tercatat. Artinya tercatat atau terdaftar sebagai lembaga resmi di Otoritas Jasa Keuangan.

Kedua, tingkat bunga simpanan tidak di atas Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) rate yang saat ini 4,25 persen. Sedang ketiga, tidak melakukan tindak pidana perbankan

Selain itu, dia mengatakan, juga perlu mengenal lima karakteristik investasi atau pinjaman ilegal. Yakni legalitas tidak jelas, keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat, klaim tanpa risiko, modelnya ‘member get member’ atau mencari anggota dan memanfaatkan tokoh masyarakat atau publik figur.

Workshop dan Apresiasi Jurnalis 2024 yang diselenggarakan Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) di hotel Aerotelsmile pada Minggu (26/5) kemarin, sukses digelar.

Pada kegiatan workshop, dihadirkan pemateri-pemateri handal dan berkompeten di bidangnya.

Baca Juga  Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, OJK Sulselbar Gelar Gebyar Ramadan Keuangan Syariah di Unismuh

Yakni Plt Kepala Divisi, Edukasi, Humas dan Hublem Kantor LPS III Kota Makassar, Y Dadi Hermawan; Analis Deputi Direktur Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Meilthon Purba dan Ketua Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, Syafril Rahmat.

Workshop dan Apresiasi Jurnalis mendapat support dari berbagai instansi dan perusahaan di kota Makassar.

Di antaranya OJK Sulselbar, KallaToyota, PT GMTD, Solid Gold Berjangka Makassar, Astra Motor Sulsel, Pegadaian Makassar, Bosowa Berlian Motor (Bosowa Mitsubishi), Informa Furniture, Informa Elektronik, Kalla, Kalla Land and Property, Alfamart, Alfamidi, Browcyl, Unibos, Wardah, Claro Makassar, Mercure Makassar Nexa Pettarani, Golden Tulip Essential Makassar, Hotel Gammara, Swissbelinn Panakkukang, Dalton Makassar, Santika Makassar, dan Four Point by Sheraton Makassar.

WEDDING PACKAGE 500 pax opsi 2
IMG-20240521-WA0010
Market Sessions

Berita Terbaru