PMI Makassar Melaunching Wifi buat Pendonor

NKAM, MAKASSAR – Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-75, PMI Kota Makassar melaunching program Wifi untuk pendonor. Acara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ini, berlangsung di Baruga Kantor Kelurahan Minasaupa Makassar, Sabtu (18/9/2021).

Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI mengatakan, wifi gratis juga bakal menjadi salah satu bagian dari program Masyarakat Siaga Donor, yang dicetuskan oleh PMI Kecamatan Rappocini.

“Wifi gratis akan diberikan kepada tiap pendonor yang terdata di markas PMI Kota Makassar. Ini pertama kali digelar di Indonesia, oleh PMI Kota Makassar. Sampai saat ini belum ada daerah lain yang melaksanakan,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Ketua PMI Kota Makassar.

Cara kerjanya adalah pendonor darah yang terintegrasi di PMI Kota Makassar, mendapatkan akses password yang didapatkan dari nomor kartu donor. Password tersebut berlaku selama dua bulan lebih, tergantung jadwal donor dari pendonor itu sendiri. Jika masa jadwal donor telah tiba, maka wifi tersebut akan mati secara otomatis.

“Jadi wifi ini bisa jadi pengingat bagi pendonor, jika wifi tidak dapat digunakan berarti sudah saatnya kembali berdonor,” ungkap Deng Ical.

Wifi ini baru dipusatkan di Kantor Lurah Minasa Upa, Kecamatan Rappocini. Wifi ini memiliki jangkauan sejauh 1 kilometer dari pusat server. “Kalau Wifi biasa hanya sekitar 40 sampai 60 meter, ini bisa sampai 1 kilometer, jadi jangkauannya sangat luas. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, wifi ini diharapkan juga dapat meningkatkan UMKM yang dikelola masyarakat,” jelasnya.

Diketahui beberapa masyarakat di Kota Makassar, banyak yang memanfaatkan media sosial dan aplikasi marketplace untuk menjajakan jualannya.

“Dengan adanya wifi ini, kita harap dapat dimanfaatkan dengan baik, termasuk bagi mereka yang berjualan online,” tambah Wakil Ketua UTD PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad.

READ  Lawan Covid-19, PMI Makassar Dirikan Unit Bisnis Melati Laundry

Sementara itu, salah satu mitra PMI yang menyediakan wifi gratis, PT Abbbot Products Indonesia menyebut, kerja sama ini dilakukan agar dapat membantu masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Acara ini juga dihadiri artis penyanyi Fadli Padi, pemerinta Kecamatan Rappocini, dan relawan PMI Kecamatan Rappocini, yang sudah tersebar di 11 kelurrahan.

Bersamaan dengan launching wifi pendonor, PMI Kecamatan Rappocini juga menggelar kegiatan donor darah di kantor Kelurahan Minasaupa, yang berhasil mengumpulkan 38 kantong darah.

Comments

comments

Check Also

Astaga, Mayat Bayi Ditemukan di Gerbang Masjid Perumahan Telkomas

INKAM, MAKASSAR – Kasih orang tua sepanjang masa kepada anaknya. Kata tersebut menggambarkan bagaimana besarnya …