Hasil Survei: 56,9 Persen Masyarakat Belum Bersedia Melakukan Vaksinasi Covid

INKAM – Lembaga survei Indikator memaparkan hasil jajak pendapat mengenai respons masyarakat dalam program vaksinasi COVID-19 pemerintah. Hasilnya, banyak responden yang mengaku belum divaksinasi.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi memaparkan, sebanyak 67,5 persen responden mengaku belum mendapat vaksin corona. Kemudian, hanya 21,4 persen responden mengaku sudah divaksinasi satu dosis, dan 11,1 persen responden mengaku baru divaksinasi dua dosis.

Responden yang belum divaksin kemudian ditanya mengenai keinginan untuk divaksinasi. Ternyata, lebih banyak responden yang belum bersedia untuk disuntik vaksin COVID-19.

“Dari yang belum vaksin, mayoritas 56,9 persen mengaku kurang atau sangat tidak bersedia melakukan vaksinasi. Sementara, 42,5 mengaku sangat bersedia atau cukup bersedia,” ungkap Burhanuddin, sebagaimana dikutip dari laman voi.id.

Selanjutnya, responden yang tak bersedia kembali ditanya mengenai alasan belum mau divaksinasi. Alasan terbesar, sebanyak 51,9 persen mengaku karena takut terhadap efek samping yang akan ditimbulkan.

“Masyarakat yang tidak bersedia, sebagian besar takut dengan efek samping. Jadi, mereka merasa ada efek samping yang tidak aman. Mereka merasa tidak perlu divaksin,” ucap Burhanuddin.

Kemudian, sebanyak 16,8 persen warga tak mau divaksin karena tidak efektif, 12,6 persen merasa badannya sehat dan tak butuh divaksin, 3,9 persen menganggap vaksin tidak halal, dan alasan lainnya.

Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 30 Juli sampai 4 Agustus 2021. Sampel dipilih sepenuhnya secara acak, dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Responden yang mengikuti survei sebanyak 1.220 WNI yang punya hak pilih dan berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Comments

comments

READ  Empat hari Rapid Test di Makassar, 204 Pedagang Dinyatakan Reaktif

Check Also

Astaga, Mayat Bayi Ditemukan di Gerbang Masjid Perumahan Telkomas

INKAM, MAKASSAR – Kasih orang tua sepanjang masa kepada anaknya. Kata tersebut menggambarkan bagaimana besarnya …