Kabar Duka, Tokoh Sepakbola Nasional, Ipar Menteri SYL, Andi Darussalam Tabussala Meninggal Dunia

INKAM, MAKASSAR – Innalillahi wa inna ilahirrajiun. Tokoh sepakbola nasional Andi Darussalam Tabusalla meninggal, Senin 16 Agustus 2021 sekira pukul 23.35 WITA.

Ia meninggal setelah dirawat beberapa hari di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mantan Ketua Badan Liga Indonesia itu meninggal dalam usia 70 tahun.

Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo yang juga ipar almarhum sempat membesuk Andi Darussalam di rumah sakit, pada Senin (16/8/2021) siang. Syahrul Yasin Limpo hadir bersama Tenri Angka Yasin Limpo yang juga istri ADS.

Andi Darussalam Tabusalla merupakan tokoh sepak bola Indonesia, lahir di Surabaya, Jawa Timur, 25 Agustus 1950. Dia mengawali kariernya di ranah olahraga sejak tahun 1970, saat terpilih menjadi wakil ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia Jakarta Raya, dan berhasil melahirkan beberapa pecatur andal di Indonesia antara lain Utut Adianto dan Edi Handoko.

Kecintaannya terhadap dunia olahraga, membawanya ke dunia sepak bola. Andi pernah menjabat sebagai pembantu umum saat klub Makassar Utama lahir.

Dia juga menjadi penghubung Makassar Utama dengan Liga Sepak Bola Utama (Galatama). Setelah itu, dia melebarkan sayapnya dengan memberikan kontribusi di Tim Nasional Indonesia sebagai manajer.

Andi mengawal Timnas Indonesia tampil di Piala Kemerdekaan 1988, dan putaran final Piala Asia di Tiongkok, tahun 1990. Selain itu, dia pernah diberi tanggung jawab memimpin Timnas menghadapi putaran final Piala Asia di Jakarta, tahun 2007, serta Piala AFF 2010.

Tahun 2008, Andi Darussalam Tabusalla terpilih menjadi ketua Badan Liga Indonesia. Sosoknya yang terbilang senior di dunia sepak bola Indonesia, membuat Andi menjadi penengah atas kisruh dualisme antara PSSI dan KPSI tahun 2013 lalu.

READ  RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Resmikan Gedung Baru, Punya Fasilitas Lengkap

Andi juga sempat menjabat sebagai Ketua Koni Sulawesi Selatan pada tahun 2013 sampai dengan 2017.

Comments

comments

Check Also

Pria Tewas Bersimbah Darah di Jalan Veteran Utara Makassar

INKAM, MAKASSAR – Seorang pria yang diketahui bernama Anto, dalam kondisi bersimbah darah dan sudah …