Masyarakat Tak Perlu Panik, 3 Juta Tabung LPG 3 Kg Ditambah Se-Sulawesi

INKAM, MAKASSAR – Tingginya aktivitas memasak jelang Idul Fitri dari tahun ke tahun, sudah menjadi budaya di Indonesia. Menyiapkan santap lebaran untuk dinikmati bersama keluarga dan sanak saudara, menjadi budaya yang dilakukan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

Terlebih, dengan adanya larangan mudik yang mengacu pada edaran dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 No.13 Tahun 2021, tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H, tentunya aktivitas saat Idul Fitri akan lebih banyak berada di rumah.

Guna mengantisipasi kenaikan konsumsi LPG jelang lebaran, Pertamina Regional Sulawesi telah menyiapkan tambahan fakultatif LPG 3 Kg, dengan total 25% lebih banyak dibandingkan konsumsi normal pada Bulan Mei 2021, atau sebanyak lebih dari 3 juta tabung untuk seluruh provinsi di Sulawesi

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, penambahan alokasi tersebut dilakukan untuk antisipasi kenaikan konsumsi LPG, akibat pembatasan yang diperketat yang menyebabkan aktivitas di rumah cenderung meningkat.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk menekan angka inflasi daerah dan harga diluar kewajaran, dengan cara operasi pasar sesuai permintaan dari masing-masing kota/kabupaten.

Adapun rincian penambahan alokasi LPG 3 Kg selama Mei, dalam mengantisipasi tingginya konsumsi pada masa libur Idul Fitri, diantaranya penambahan di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 1.720.440 tabung, Sulawesi Tengah sebanyak 353.360 tabung, Sulawesi Utara sebanyak 342.560 tabung, Sulawesi Tenggara sebanyak 221.520 tabung, Gorontalo sebanyak 219.800 tabung dan Sulawesi Barat sebanyak 176.440 tabung.

Lebih lanjut Laode mengatakan, selain menambahkan pasokan LPG 3 Kg lebih banyak dari alokasi reguler, Pertamina menjamin pasokan LPG dengan menyiagakan lebih dari 3.700 layanan penjualan resmi LPG Pertamina, seperti Agen dan Pangkalan yang tetap beroperasi, untuk mengantisipasi tingginya permintaan kebutuhan masyarakat selama libur Idul Fitri, yang disiagakan selama periode SATGAS Ramadan dan Idul Fitri sejak 26 April – 30 Mei 2021.

READ  Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG di Sulawesi Aman, saat Ramadan

“Dioperasikannya Agen dan Pangkalan Siaga selama SATGAS Ramadan dan Idul Fitri ini, merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN dalam menjalankan amanat UU Energi No. 30 tahun 2007, dimana Pertamina salah satunya harus mampu memberikan availability atas ketersediaan energi untuk masyarakat,” ujar Laode.

Laode pun menambahkan, khusus untuk distribusi LPG, Pertamina telah menyiagakan juga 42 SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji), dan menyiagakan 16 titik SPPBE Kantong. Berikut rincian jumlah Agen dan Pangkalan Siaga Per-Provinsi yang disiagakan Pertamina Regional Sulawesi :

  • Provinsi Gorontalo : 16 Agen PSO Siaga, 3 Agen Non-PSO Siaga dan 254 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Utara : 47 Agen PSO Siaga, 47 Agen Non-PSO Siaga dan 358 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Tengah : 34 Agen PSO Siaga, 10 Agen Non-PSO Siaga dan 545 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Barat : 13 Agen PSO Siaga, 4 Agen Non-PSO Siaga dan 125 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Tenggara : 40 Agen PSO Siaga, 7 Agen Non-PSO Siaga dan 765 Pangkalan PSO Siaga
  • Provinsi Sulawesi Selatan : 140 Agen PSO Siaga, 36 Agen Non-PSO Siaga dan 1.353 Pangkalan PSO Siaga

Comments

comments

Check Also

Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar di Kota Makassar

INKAM, MAKASSAR – Harga kebutuhan pokok setiap harinya berfluktuatuf, terkadang naik dan terkadang turun. Berikut …