Lewat Webinar, Siberkreasi Siap Wujudkan Generasi Cakap Digital

INKAM, MAKASSAR – Siberkreasi Bersama Facebook & Kemkominfo mengadakan diskusi online pada Zoom meeting dan disiarkan melalui live streaming di Channel YouTube Siberkreasi dengan topik Siberkreasi Hangout Online: The Perks of Being Digital Native, Kamis (25/02/2021).

Diskusi online kali ini menghadirkan tiga narasumber dan dimoderatori oleh Annisa Virdianasari dan Larry Nullanov yang merupakan anggota Siberkreasi. Narasumber pertama, Donna Visca adalah seorang gamer sekaligus komentator pertandingan e-sports. Narasumber kedua, Agnes Oryza yang merupakan seorang Beauty Vlogger yang sudah berpengalaman dalam dunia kecantikan selama 12 tahun. Narasumber ketiga, Nisa An Nashr yang dikenal sebagai Travel Blogger.

Dibuka dengan perkenalan diri masing-masing narasumber yang menceritakan singkat pengalaman dari passion mereka yang berbeda, Donna dengan kecintaannya terhadap dunia game online, tentang bagaimana Agnes memulai karirnya sebagai beauty enthusiast dan cerita Nisa An Nashr sukses memperkenalkan tempat wisata lokal yang tidak kalah menarik dari luar negeri.

Ketiga narasumber setuju bahwa teknologi memudahkan mereka untuk memberikan informasi dan edukasi terkait passion yang mereka miliki kepada khalayak yang lebih luas, dengan cara yang mudah dan juga cepat sebagai salah satu keuntungan hidup di era digital.

Pemaparan pertama oleh Donna Visca sebagai gamer sejati yang percaya bahwa pesatnya perkembangan teknologi memudahkan para gamer dalam mengeksplorasi lebih game yang beragam dengan lebih cepat.

Menurut Donna, dunia digital juga berdampak besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan olahraga elektronik sebagai wadah anak muda berprestasi, yang secara resmi didukung oleh pemerintah melalui Piala Presiden Esports.

“Karena masih bisa terbilang baru, jadi field-nya masih gede banget untuk kita cari keuntungan di dalam game dan e-sports itu tersebut. Jadi masih terbuka lebar lah, apalagi kita melakukannya dengan passion, jadi lebih terasa enak!” tutur Donna.

READ  Pertamina Bantu Permodalan Rp 3,7 Miliar Kepada Mitra Binaan Dekranasda & PKK Sulsel

Pemaparan kedua datang dari pengalaman Agnes Oryza dalam membangun komunitas dan kemudahan berbagi informasi dan edukasi seputar dunia kecantikan melalui media sosial.

Agnes percaya bahwa dengan adanya internet, tersedianya platform untuk berbagi pengalaman, bermanfaat untuk memperluas pengetahuan dalam ranah merawat diri melalui skin care, hair care, dan produk perawatan lainnya yang tentunya berbeda-beda bagi setiap orang.

Dengan berbagi lewat sosial media, komunikasi yang terjalin menjadi 2 arah yang membuat pengetahuan makin kaya, dengan saling mendukung yang memperkuat semangat masing-masing pencinta dunia kecantikan dalam mencoba produk-produk baru yang beragam.

Pemaparan ketiga oleh Nisa An Nashr yang sukses menginspirasi para audience untuk eksplorasi lebih berani di tanah air karena tidak kalah menarik dari destinasi wisata di luar negeri!

Tidak hanya itu, Nisa juga percaya bahwa adanya sosial media yang memudahkan orang untuk mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata lokal, berdampak positif untuk menguatkan industri pariwisata yang menjadi salah satu industri terbesar dan paling berpengaruh bagi perekonomian Indonesia.

Ketiga narasumber sadar bahwa banyak sekali keuntungan dari era digital bagi semua orang yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang positif dan berdampak baik untuk masa depan.

Mereka juga percaya, untuk mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi juga diperlukan kepedulian dan kredibilitas dalam setiap informasi yang akan disebarluaskan. Salah satu kunci untuk menjadi content creator yang sukses adalah konsisten dalam membuat materi yang edukatif sekaligus menghibur dengan cara masing-masing.

Pada akhirnya, ketiga narasumber percaya bahwa setiap orang yang hidup dalam era digital harus berusaha memulai memanfaatkan teknologi dengan baik melalui berkarya untuk membuat materi yang positif dan edukatif. Dimulai dari mencari tahu passion dalam diri sendiri, berani untuk terus mencoba, tidak pernah patah semangat untuk membuat inovasi-inovasi baru yang dapat menginspirasi orang lain.

READ  Mudahkan Warga soal Kredit, Pj Wali Kota Makassar Apresiasi Kehadiran Jamkrida Sulsel

Diharapkan juga dengan kemudahan mengakses informasi di era digital ini, meningkatkan kesadaran setiap pengguna teknologi untuk lebih kritis terhadap apa yang telah disajikan dengan tidak percaya hoaks dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi materi yang disebarluaskan.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara.

Webinar selengkapnya dapat disimak pada tautan s.id/youtubesiberkreasi

Informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar generasi digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di Instagram dan facebook @siberkreasi.

Comments

comments

Check Also

Pupuk Kaltim Siapkan Rencana Strategis untuk Tutup 2021, dengan Kinerja Positif

INKAM, JAKARTA – Memasuki kuartal keempat 2021, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) sebagai produsen pupuk …