Kemensos Serahkan Santunan Korban Banjir Bandang Luwu Utara

INKAM, MASAMBA – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah mendampingi Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, dalam kunjungan kerjanya di Luwu Raya, Jumat (17/07).

Di Kota Palopo, ikut dalam kunjungan Mensos ke salah satu rumah penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH), sedangkan Luwu Raya meninjau warga yang terdampak banjir bandang di pengungsian, dan memberikan bantuan kepada korban di Kantor Bupati Lutra.

Hingga saat ini, bantuan yang disalurkan kepada warga terdampak banjir di Masamba mencapai Rp 2 miliar. Terdiri dari logistik, peralatan kebersihan, dan santun korban meninggal. Bantuan Santunan Ahli Waris bagi 23 keluarga korban meninggal juga diserahkan Mensos.

“Ibu bapak sekalian tidak perlu ragu komitmen Presiden dalam mewujudkan negara hadir membantu warga di setiap bencana seperti di Luwu Utara ini,” kata Mensos Juliari.

Selain memberikan bantuan berupa materiil, Kementerian Sosial juga menerjunkan tim layanan dukungan psiokososial (LDP) untuk memulihkan trauma pengungsi terutama anak-anak. Pemulihan secara psikososial ini sudah dilakukan sejak hari pertama bencana banjir terjadi.

“Jadi dukungan psikososial itu adalah kontak awal. Nah, bantuan psikososial dari sejak kejadian sudah datang. Kehadiran kita sebenarnya sudah memberikan penguatan,” jelas Juliari.

Jumlah bantuan yang disalurkan senilai lebih dari Rp 2 miliar rupiah terdiri dari bantuan Rp 64,4 juta rupiah yang telah tersedia sejak tanggal 25 Juni, bantuan tambahan senilai Rp 70,5 juta rupiah pada tanggal 14 Juli, santunan kematian untuk 23 orang senilai Rp 345 juta rupiah, bantuan perlengkapan kebersihan senilai Rp 500 juta rupiah dan bantuan logistik tanggap darurat senilai Rp 1,02 miliar.

Seperti diketahui, bencana banjir besar yang menghantam wilayah Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin, 13 Juli 2020, sekitar pukul 20.00 WITA itu telah menyebabkan ribuan warga terdampak.

Comments

comments

READ  Optimis Sistem kelistrikan Kembali Normal, PLN Beri Bantuan 160 Juta di Luwu Utara

Check Also

Astaga, Mayat Bayi Ditemukan di Gerbang Masjid Perumahan Telkomas

INKAM, MAKASSAR – Kasih orang tua sepanjang masa kepada anaknya. Kata tersebut menggambarkan bagaimana besarnya …